MANFAAT TANAMAN PANGI

 MANFAAT TANAMAN PANGI

Pangium Edule REINW

Oleh : 
Mariana S.Hut

Tanaman pangi dikenal sebagai tanaman kehutanan jenis tanaman serbaguna.   Selain berfungsi sebagai pengawet  tanah, semua produk yang dihasilkan  dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku industri rumah tangga.  Berdasarkan informasi dari Penyuluh Kehutanan masing-masing kabupaten  bahwa tanaman ini tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan  antara lain kabupaten Soppeng, Sinjai, Bulukumba, Barru, Bone, Wajo dan Toraja.

Walaupun tanaman ini sudah tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan belum dibudidayakan secara baik oleh masyarakat, hal ini sesuai dengan pendapat Sunanto, (1993) yang mengatakan bahwa “tampaknya tidak mendapatkan perhatian, baik dari pemerintah Indonesia maupun masyarakat luas pada umumnya, padahal tanaman pangi menghasilkan buah yang bijinya sangat dibutuhkan oleh masyarakat yakni diproses menjadi komoditas yang disebut kluwak”.

Buah Pangi ( Ft. Mariana, 2019)

 Nilai Ekonomis Tanaman Pangi

Tanaman pangi merupakan jenis tanaman yang berumur panjang, berbuah sepanjang tahun,  dan tidak memerlukan pemupukan.   Keuntungan lain yang dimiliki oleh tanaman ini adalah belum ada jenis hama dan penyakit yang menyerang.  Hal ini sesuai pendapat Sunanto, (1992) yang menyatakan bahwa semua bagian dari tanaman ini mengandung Asam Sianida (HCN) yang sangat beracun. 

Berdasarkan informasi dari Kelompok Usaha Produktif Waepute Desa Gattareng serta hasil pengamatan langsung di kelompok tersebut  bahwa buah dapat diolah menjadi kluwak dijual dengan harga Rp. 5000 untuk 5 biji kluwak,  dodol pangi dijual dengan harga Rp5000 s/d  Rp. 10000 perbungkus dan masih banyak produk-produk lainnya yang bisa dijual.

 Ragam Manfaat Tanaman Pangi

Sunanto, (1993) bahwa tanaman pangi adalah salah satu jenis tanaman disamping berfungsi baik untuk pengawetan tanah karena mempunyai batang yang besar, daunnya rimbun dan perakarannya luas dan dalam, juga berbagai manfaat lain yang diperoleh dari produk-produk yang dihasilkan oleh tanaman pangi ini.

Tanaman pangi kini memiliki prospek yang menjanjikan karena disamping memiliki nilai ekonomi juga dapat berfungsi pengawetan tanah serta dapat menjadi bahan baku industri rumah tangga (olahan makanan).  

Buah Pangi ( Ft. Mariana, 2019)

Berbagai manfaat yang dimiliki oleh tanaman pangi antara lain dapat bermanfaat sebagai pengawetan tanah, bahan baku olahan makanan,dan masih banyak manfaat-manfaat lain yang dapat diperoleh dari tanaman ini.  Selain itu kulit batangnya bisa untuk memberantas hama tanaman lain, daun bisa digunakan untuk membungkus ikan dan daging agar tidak cepat busuk,  

Dengan potensi sebagai tanaman yang mempunyai nilai ekonomi  maka  perlu ada perhatian baik dari pemerintah maupun dari masyarakat untuk mengembangkannya.


DAFTAR PUSTAKA

Sunanto.  H, 1992,  Budidaya Pucung.  Kanisius. Yokyakarta.

Mariana, 2013, Foto-foto produk pangi. Soppeng

Kelompok Usaha Produktif Waepute,  2013. Hasil wawancara. Desa Gattareng











Komentar

  1. Mari kembangkan tanaman pangium agar tidak punah.

    Produk olahan panginya sangat oke

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PANGI TANAMAN PRIMADONA DI KABUPATEN SOPPENG